Pages

Gawat! Lubang Ozon Makin Membesar


Headline


California – NASA mengungkap, kondisi lapisan ozon makin hari makin buruk. Memburuknya lapisan ozon ini disebabkan perpanjangan lama suhu rendah di startosfer.
Hasil studi NASA yang diterbitkan di jurnal Nature menemukan, jumlah ozon hancur di Arktik tahun ini sebanding dengan yang muncul beberapa tahun lalu di Antartika di mana sebuah ‘lubang’ terbentuk di lapisan pelindung ozon pada pertengahan 1980-an.

An ozone hole five times the size of California opened over the Arctic this spring, matching ozone loss over Antarctica for the first time on record, scientists said today. The white line marks the area within which chemical ozone destruction takes place

Lapisan ozon dari 16-32 km di atas permukaan Bumi melindungi kehidupan di Bumi dari sinar ultraviolet berbahaya matahari. Lubang terbentuk kerika kondisi dingin menjadi ekstrim memicu reaksi yang mengubah klorin atmosfer yang dihasilkan manusia menjadi bentuk yang menghancurkan ozon meski kondisi hangat melindung bebera area.
 A Nasa-led study has documented an unprecedented depletion of Earth's protective ozone layer above the Arctic last winter and spring caused by an unusually prolonged period of extremely low temperatures in the stratosphere

Alhasil, ilmuwan menemukan periode dingin di arktik akan bertahan hingga 30 hari ke depan di 2011.
“Suhu harian pada musim dingin artik 2010-2011 tak mencapai nilai yang lebih rendah disbanding sebelumnya,” ujar Gloria Manney dari NASA seperti ditulis DM.




sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1781424/gawat-lubang-ozon-makin-membesar

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
Kalau ingin tau lebih jauh klik disini y....
 

Hanya Ingin Tau ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)